-->

Waspada ! Bahaya AC Terhadap Kesehatan Mengancam Anda

Air Conditioner atau biasa disebut AC pada dasarnya memiliki manfaat sebagai pendingin ruangan atau pengatur suhu ruangan. Saat ini AC sudah banyak digunakan pada setiap rumah terlebih di kota-kota besar yang memiliki suhu udara sangat panas di musim kemarau.

Waspada ! Bahaya AC Terhadap Kesehatan Mengancam Anda

Selain bisa mendinginkan ruangan, penggunaan AC juga akan meningkatkan produktivitas kerja. Dengan udara yang sejuk dan tidak panas maka fikiran menjadi lebih rileks dan orang bisa bekerja lebih nyaman sehingga pekerjaan akan terselesaikan dengan baik.

Dibalik manfaat yang diperoleh dari menggunakan AC, ternyata ada dampak negatif yang ditimbulkan.  Bahkan penggunaan AC sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh kita jika penggunaan secara terus menerus. Berikut adalah bahaya AC terhadap kesehatan :

Terserang Sindrom Carpal Tunnel

Biasanya syndrom carpal tunnel ditandai dengan gejala kesemutan dan rasa nyeri pada jari-jari tangan. Gejala tersebut akan semakin dirasa jika suhu pada suatu ruangan AC sangat dingin. Penyebab penyakit tersebut adalah karena syaraf pergelangan tangan membengkak.

Nyeri Sendi dan Otot

Bahaya AC terhadap kesehatan selanjutnya adalah dapat menyebabkan nyeri sendi dan otot. Hal ini dikarenakan suhu dingin yang begitu ekstrim mengakibatkan cairan lubrikasi di dalam sendi berkurang, sehingga nyeri pada bagian sendi akan terasa.

Bahaya AC Menyerang Mata

Sebuah penelitian tentang AC menemukan bahaya penggunaan pendingin ruangan juga mengincar mata kita jika terlalu lama ada di ruangan ber-AC. Bahaya AC terhadap kesehatan mata diantaranya seperti blepharitis dan konjungtivis.

Sesak Nafas

Sistem pernafasan kita sangat dipengaruhi oleh kondisi udara yang ada di sekitar kita. Kenapa AC berbahaya untuk pernafasan kita ? karena AC memiliki kandungan zat kimia seperti formaldehida dan p-dichlorobenzene yang dapat memicu terjadinya penyakit pernafasan seperti sesak nafas dan asma.

Kulit Kering

Sering berada di ruangan ber-AC juga dapat menyebabkan kulit menjadi kering. Penggunaan pendingin ruangan setiap hari dapat menyebabkan tubuh kekurangan air putih serta mengalami kekeringan pada kulit. Penyebab kulit kering karena produksi selaput lendir yang berkurang.

Sakit Dibagian Leher

Rasa sakit dibagian leher yang disebut sebagai penyakit tortikolis akan membuat penderita merasa nyeri saat menggerakan leher untuk menoleh. Orang Indonesia menyebut sakit pada bagian leher disebabkan karena salah bantal saat tidur. Selain salah bantal, penggunaan pendingin ruangan juga dapat membuat leher sakit saat tidur.

Wajah Lumpuh

Penyakit wajah lumpuh banyak menyerang usia remaja dan dewasa. Sebuah penelitian menemukan bahwa penyebab wajah lumpuh terjadi karena infeksi virus udara maupun angin. Karena penggunaan AC dapat membantu menyebarkan infeksi virus menular seperti penyakit wajah lumpuh atau biasa disebut Bell’s palsy. Penyakit tersebut membuat syaraf wajah menjadi bengkak. Gejala penyakit wajah bengkak diantaranya adalah susah berkumur, saat minum sampai tumpah, mulut miring, mata terasa pedih saat kena air dan fungsi perasa mulut jadi berkurang.

Gangguan Kehamilan

Bahaya AC Terhadap kesehatan selanjutnya yakni gangguan pada kehamilan. Menurut para pakar seorang ibu yang sedang hamil jika terlalu lama ada di ruangan ber-AC akan mengalami gangguan pada kehamilannya. Karena senyawa phthalates dapat membuat kondisi janin bisa berpotensi mengalami cacat.

Menambah Berat Badan

Sebuah fakta tentang bahaya AC selanjutnya adalah dapat mempengaruhi program diet Anda. Sayangnya fakta ini jarang sekali diketahui oleh banyak orang. Hal ini dikarenakan penggunaan AC yang terlalu lama mempengaruhi penurunan metabolisme tubuh sehingga pembakaran kalori akan terhambat, hal ini yang akan membuat tubuh kita semakin gemuk.

Tidak ada komentar

Mohon gunakan kotak komentar ini dengan sebijak-bijaknya.