-->

Tampilan Awal Situs Terkenal

Sudah banyak situs yang beredar di internet, bahkan internet hampir terpenuhi karena situs tersebut. Dari banyak situs-situs yang beredar di internet, tentunya ada yang populer dari situs-situs tersebut. Semua situs pasti pernah mempunyai tampilan pertama saat dilaunching ke dunia maya. Jika anda kira situs-situs tersebut mempunyai tampilan modern dari pertama sejak lahir, perkiraan anda tersebut salah. Bahkan Google pun dulu mempunyai tampilan yang kuno. Karena dulu perkembangan komputer sedang dalam tahap awal, dan belum ada perangkat seperti smartphone dan internet cepat.

Berikut adalah tampilan awal situs terkenal.

Yahoo!

Yahoo! merupakan situs terpopuler yang mungkin tertua dari semua situs populer, dan bahkan saat Yahoo! dibuat belum ada Google. Yahoo! mungkin terkenal karena fitur ymail-nya yang sekarang digunakan oleh banyak orang untuk mendaftar di sosial media. Pada bulan Januari 1994, Jerry dan David Floo membuat situs yang bernama "Jerry's Guide to the World Wide Web", pada awalnya situs Jerry's Guide to the World Wide Web hanyalah sebuah direktori daftar bookmark yang dikelompokan berdasarkan subyek. Fungsinya untuk penunjuk ke situs-situs lain di internet. Pada bulan April 1994 Jerry's Guide to the World Wide Web berganti nama menjadi Yahoo!, yang diambil dari novel Gulliver Travel karya Jonathan Swift, alasan memilih nama Yahoo! karena mereka menyukai kata yang memiliki nama "primitif, kuno, kasar". Yahoo! adalah singkatan dari Yet Another Hierarchical Officious Oracle, pada saat itu urlnya adalah "akebono.stanford.edu/yahoo. Karena nama Yahoo sudah dimiliki oleh perusahaan lain jadi mereka menambahkan tanda seru di belakangnya menjadi Yahoo!, di bawah ini adalah screenshot Yahoo!.

Tampilan Awal Situs Terkenal
Jika anda lihat screenshot di atas yang anda pikirkan terlalu kuno dan tidak modern dari tampilannya, karena Yahoo! sudah ada sebelum Google, Twitter, dan Youtube.

Google

Jika anda tidak menggunakan Google saat ini pasti anda sangat kesulitan karena tidak bisa menemukan informasi di internet, dan kalau tidak ada Google blog ini dan blog-blog lain yang menggunakan Blogger sudah tidak ada dan internet menjadi sepi. Pada awalnya nama Google adalah Backrub, dan hanyalah sebuah mesin pencari yang didirikan oleh Larry Page dan Sergey Brin, kemudian Backrub mengganti nama menjadi Google yang berasal dari kata "googol" sebuah istilah matematika untuk bilangan angka 1 yang diikuti oleh 100 nol, dari namanya tersebut yang berarti memunculkan informasi di internet yang tiada batas. Pada bulan Agustus 1997 Google resmi berdiri dengan perusahaan bernama Google Inc. Untuk mengetahui lebih lanjut anda bisa pergi ke halaman ini.
  • Tampilan Backrub
Tampilan Awal Situs Terkenal
Saya tidak tahu gambar di atas itu editan atau asli, karena sangat susah mencari gambar tentang Backrub, yang jelas gambar di atas adalah ilustrasi dari Backrub.
  • Tampilan Google
Tampilan Awal Situs Terkenal
Gambar di atas sangat berbeda jauh dengan Google yang kita tahu saat ini. Jika anda bandingkan dengan yang sekarang, sudah banyak penambahan fitur dan Google sudah bisa mengakusisi perusahaan-perusahaan lain untuk bergabung ke Google. Jika anda ingin melihatnya secara langsung anda bisa pergi ke halaman ini http://web.archive.org/web/*/http://google.com.

Kaskus

Kaskus didirikan pada tanggal 6 November 1999 oleh tiga pemuda asal Indonesia yaitu Budi Dharmawan, Andrew Darwis, dan Ronald Stephanus yang saat itu sedang melanjutkan studi ke Amerika Serikat. Kaskus dikelola oleh perusahaan PT Darta Media Indonesia. Kaskus berhasil menjadi komunitas peringkat pertama komunitas dunia maya Indonesia dengan member lebih dari 4,5 juta.
Tampilan Awal Situs Terkenal
Dari gambar di atas bisa kita lihat, tampilannya sangat sederhana dan sangat berbeda jauh dengan kaskus yang kita lihat pada saat ini.

Blogger

Blogger waktu itu belum bergabung dengan Google. Blogger didirikan oleh perusahaan Pyra Labs dengan anggota Evan Williams dan Meg Hourian. Blog adalah aplikasi internet dalam wujud postingan seperti yang anda lihat saat ini. Pada bulan Februari tahun 2003, Pyra labs telah diakusisi oleh Google, dan secara otomatis Blogger telah menjadi bagian dari Google.
Tampilan Awal Situs Terkenal
Tampilannya berwarna biru dan sangat sederhana sekali, dan sekarang sudah berganti warna menjadi oranye yang lebih cerah sedikit, mungkin pada waktu itu Blogger hanya mempunyai template yang sederhana juga.

Facebook

Facebook sudah banyak digunakan oleh banyak orang. Sosial media ini didirikan pada tanggal 11 Januari 2004 oleh Mark Zuckerberg. Pada saat itu Facebook hanya dibuat untuk menghubungkan orang yang berada di kampusnya. Selain itu pada awalnya Facebook masih bernama thefacebook. Pada tahun 2005 thefacebook mengganti nama menjadi Facebook, saat itu Facebook semakin populer karena dapat berkomunikasi dengan mudah dan cepat.
Tampilan Awal Situs Terkenal
Screenshot di atas menunjukan bahwa thefacebook masih sangat simpel dan dengan tampilan biru yang masih berlaku saat ini.

YouTube

YouTube merupakan tempat yang digunakan untuk membagikan file video dengan mudah dan simpel. Sudah banyak pengguna YouTube saat ini, dari video-video di YouTube ada video tutorial, musik, kartun, dan lain-lain, dengan menggunakan Adobe Flash dan HTML5 kita bisa melihat video di YouTube. Youtube didirikan oleh tiga karyawan PayPal yaitu Steve Chen, Chad Hurley, dan Jawed Karim pada bulan Februari 2005 dan berpusat pada San Bruno California. Pada bulan Oktober 2006 Google telah mengakusisi YouTube.
Tampilan Awal Situs Terkenal
Sangat berbeda jauh tentunya dengan YouTube yang kita kenal saat ini. Bahkan Logo YouTube saja masih terlihat tidak sempurna.

Twitter

Hampir sama prinsipnya dengan Facebook, tetapi twitter lebih mengarah ke twit (kicauan) pengguna akun twitter tersebut. Twitter dibuat pada bulan Maret 2006 oleh Jack Dorsey, Biz Stone, dan Evan Williams, berdiri secara resmi dan menjadi perusahaan pada tahun 2007. Twitter dibuat di San Francisco, California, dan sekarang berpusat di San Bruno, California.
Tampilan Awal Situs Terkenal
Di screenshot tersebut sudah terlihat lebih modern karena ada picture slide, namun desain dan fontnya belum tampil bagus.

Tidak ada komentar

Mohon gunakan kotak komentar ini dengan sebijak-bijaknya.