-->

7 Tips Menjaga Puasa Agar Lancar

Bulan Ramadhan telah tiba, dalam bulan suci yang penuh berkah ini setiap umat Islam diwajibkan untuk menjalankan ibadah puasa Ramadhan. Bulan Ramadhan adalah bulan yang penuh ampunan oleh sebab itu kita harus saling berlomba-lomba melakukan kebaikan.

7 Tips Menjaga Puasa Agar Lancar

Meski berpuasa kita tidak boleh bersantai atau bermalas-malasan. Aktifitas kerja harus tetap kita jalani seperti biasa, bahkan harus lebih bersemangat lagi. Lebih bagus lagi saat puasa kinerja kita semakin baik. Berikut tips menjaga puasa agar lancar dan tetap produktif dalam bekerja :

Niat Tulus Dari Hati

Salah satu tips sederhana untuk menjaga puasa agar lancar adalah niat tulus dari hati. Jadikan puasa sebagai kewajiban yang memang harus dijalankan dengan tulus hati bukan karena paksaan dari siapapun. Dengan adanya niat tulus dari hati maka Anda tidak akan merasa terbebani dengan ibadah puasa yang Anda jalankan. Anda akan tetap enjoy dalam menjalankan aktifitas sehari-sehari tanpa ada rasa lesu atau lemas karena puasa.

Jaga Lisan

Lebih baik Anda menghindari mengobrol dengan teman jikalau obrolan itu tidak begitu penting. Biasanya tanpa disadari seseorang yang mengobrol dengan teman akan berujung pada mengosip. Menggunjing selain akan merusak ibadah Anda juga akan membuat Anda capek dan membuang waktu saja untuk hal tidak penting, bahkan akibat menggunjing juga bisa membuat Anda terkena maslaah seperti dijauhi teman dan lainnya.

Terapkan Pola Minum Air Putih 242

Saat menjalankan ibadah puasa sudah pasti asupan air putih yang masuk kedalam tubuh kita berkurang. Untuk mengatasi hal itu Anda perlu menerapkan pola minum air putih 242 supaya tetap bisa minum delapan gelas air putih setiap hari.

Jika kita menjalankan pola minum air putih 242 dengan teratur maka tubuh kita akan terhindar dari dehidrasi dan Anda bisa menjalankan puasa dengan lancar. Cara minum air putih dengan pola 242 yakni 2 gelas saat berbuka, 4 gelas saat malah hari atau menjelang tidur dan 2 gelas saat sahur.

Sahur

Saat berpuasa Anda harus sahur meski hanya dengan seteguk air dan jangan terlalu menyepelekan makan sahur. Manfaat makan sahur selain bisa membantu puasa kita lancar karena energi kita bertambah juga memiliki banyak manfaat lain. Adapun manfaat tersebut diantaranya adalah kita sudah menjalankan sunnah Rasul, dan dengan sahur dapat menambah keikhlasan kita dalam beribadah.

Konsumsi Buah dan Sayur

Tips selanjutnya dalam menjaga puasa agar lancar adalah dengan memperbanyak mengkonsumsi buah-buahan dan sayur, usahakan hindari makanan junk food atau cepat saji. Buah dan sayur bisa Anda konsumsi saat sahur, karena akan menjadi sumber vitamin dan karbohidrat yang baik buat pencernaan selama menjalankan ibadah puasa.

Istirahat Cukup

Jika semua asupan yang dibutuhkan oleh tubuh kita terpenuhi tips menjaga puasa agar lancar selanjutnya adalah istirahat cukup. Untuk menjaga performa kita agar tetap fit saat bekerja dalam kondisi berpuasa adalah mengatur waktu istirahat dengan baik.

Sebaiknya Anda langsung istirahat setelah menjalankan Sholat Tarawih, bukannya malah begadang untuk alasan yang tidak jelas. Kenapa harus cepat istirahat setelah selesai Tarawih ? karena paginya Anda harus bangun untuk menjalankan sahur. Selain itu dengan istirahat yang cukup tubuh tidak akan merasa lesu saat berpuasa seharian.

Olahraga

Biasanya orang yang berpuasa malas untuk olahraga karena mereka beranggapan olahraga hanya akan membuat tubuh cepat lelah. Padahal dengan tetap olahraga tubuh kita akan selalu fit meski dalam kondisi berpuasa. Namun saat puasa hendaknya Anda memilih olahraga yang tidak terlalu berat seperti jalan santai.

2 komentar


Thanks infonya. Oiya ngomongin puasa, saya nemuin artikel menarik nih yang ngebahas tentang cara cerdas untuk hemat saat bulan Ramadan. Cek di sini ya: Jurus amankan uang saat bulan puasa, agar kantong nggak jebol

Mohon gunakan kotak komentar ini dengan sebijak-bijaknya.