Fakta Unik Tentang Tidur

Tidur adalah suatu kebutuhan setiap makhluk hidup, bahkan sebagian besar aktifitas kita adalah tidur. Salah satu manfaat yang akan kita dapatkan setelah bangun tidur adalah tubuh menjadi lebih bugar dan mata lelah akan hilang.

Fakta Unik Tentang Tidur

Tidur tidak hanya sekedar untuk mengistirahatkan badan karena lelah setelah bekerja atau menjalankan aktifitas seharian. Faktanya saat kita tidur tubuh mengalami proses perbaikan serta detoksifikasi atau mengeluarkan racun. Lalu fakta apa sajakah yang terjadi saat kita tidur ? simak selengkapnya dalam fakta unik tentang tidur berikut.

Fakta unik tentang tidur pertama adalah lama waktu tidur ternyata bergantung pada usia. Bayi membutuhkan waktu tidur 16 jam, anak-anak perlu waktu tidur 10 jam. Kategori orang dewasa butuh waktu tidur 8 jam, sedangkan lansia membutuhkan waktu tidur 6 jam dalam sehari.

Saat kita tidur otak akan mengisi ulang, melakukan regenerasi dan perbaikan sel-sel. Selain itu saat tidur tubuh mengeluarkan hormon-hormon penting. Fakta unik tentang tidur selanjutnya adalah kekurangan tidur ternyata lebih mematikan daripada kekurangan makan. Jika Anda masih dapat bertahan hingga 2 minggu tanpa makan, tanpa tidur tidur selama 10 hari Anda bisa kehilangan nyawa.

Mimpi menjadi fakta unik tentang tidur selanjutnya. Mimpi merupakan suatu hal yang normal, dan orang yang tidak mengalami mimpi bisa jadi mengalami gangguan kepribadian. Saat bermimpi, kita hanya bisa memimpikan orang yang sudah pernah kita lihat sebelumnya saja baik yang masih kita ingat atau sudah kita lupakan.

Masih berkaitan dengan mimpi, orang yang menderita tuna netra masih bisa bermimpi dengan penglihatan. Tapi orang yang tuna netra sejak lahir biasanya hanya bermimpi dengan membayangkan suara, sentuhan, perasaan dan bau.

Fakta unik tentang tidur lainya adalah setelah lima menit kita bangun dari tidur maka kita akan melupakan 50% mimpi yang kita alami. Dan setelah 10 menit bangun tidur maka kita akan lupa 90% mimpi.

Satu dari 50 remaja masih suka mengompol di kasus saat tidur juga menjadi salah satu fakta yang tak terbantahkan. Saat tidur biasanya kita akan mengalami parasomnia yakni gangguan tidur yang membuat penderita melakukan aktifitas tanpa sadar saat tidur seperti mengemudi saat tidur, berjalan tanpa arah saat tidur, melakukan tindakan pelecehan dan masih banyak lagi.

Dengan tidur siang akan meningkatkan kemampuan berfikir kita, dan membuat kita lebih kreatif. Fakta unik tentang tidur siang adalah tidak boleh tidur lebih dari 30 menit. Hal ini dikarenakan setelah 30 menit akan masuk ke tahap sangat nyenyak dan ini akan membuat Anda grogi saat terbangun.

Banyak yang beranggapan kalau dengan meminum alkohol akan mempersulit kita untuk tidur. Padahal dengan meminum sedikit alkohol justru dapat membantu Anda akan lebih cepat tertidur pulas. Menonton televisi menyulitkan tidur adalah sebuah fakta. Oleh karena itu satu atau tiga menit sebelum tidur berhentilah menonton televisi.

Insomnia atau sulit tidur terjadi kepada orang yang mengalami depresi atau rasa cemas yang berlebihan, sebenarnya hal itu hanya mitos. Faktanya insomnia dapat terjadi kepada siapa saja. Rasa kantuk berlebihan sepanjang hari biasanya juga dialami oleh seseorang, tidur bukanlah solusi yang tepat untuk mengatasinya. Jika Anda merasakan kantuk terus-menerus itu tandanya ada yang tidak beres, sebaiknya Anda segera konsultasi ke dokter.

Itulah tadi beberapa fakta unik tentang tidur yang dapat saya sampaikan, semoga bermanfaat dan menambah wawasan Anda.

Tidak ada komentar

Mohon gunakan kotak komentar ini dengan sebijak-bijaknya.