-->

Mau Tahu Apa Itu Daun Inggu, Simak Sini

Mau Tahu Apa Itu Daun Inggu, Simak Sini

Daun inggu atau nama latinnya (Ruta angustifolia L Pers) merupakan tanaman yang tumbuh didaerah pengunungan yang ketinggiannya mencapai 1.000 m. Tanaman ini berasal dari daerah Eropa dan Afrika Utara.

Dalam bahasa Melayu daun inggu disebut sebagai aruda, dalam bahasa Makassar disebut sebagai anruda busu, dalam bahasa Sunda disebut sebagai inggu, dalam bahasa Jawa inggu ini disebut sebagai godong inggu, dalam bahasa Jerman disebut raute, dalam bahasa Italia disebut ruta dan dalam bahasa Belanda daun inggu disebut sebagai wijnruit.

Kandungan yang terdapat daun inggu antara lain adalah ketone, pinena, metil-nonilketone, cineol dan daun inggu ini memiliki kandungan asam rutinat yang berguna bagi kesehatan tubuh.

Manfaat daun inggu untuk kesehatan antara lain menyembuhkan demam, nyeri ulu hati, merangsang haid, kecikukan, menyembuhkan sakit telinga, menyembuhkan sakit kepala, menyembuhkan bisul dan dapat menyembuhkan penyakit hepatitis.

Selain itu, daun inggu juga dapat menyembuhkan sakit gigi dan dapat menghentikan kejang pada anak. Cara untuk menyembuhkan sakit gigi antara lain adalah cucikan daun inggu sampai bersih terlebih dahulu dengan menggunakan air matang, lau lumat daun inggu dengan menggunakan tangan hingga halus, kemudian masukkan daun inggu yang sudah dihaluskan kelubang gigi, lalu gunakan kapas untuk menutup.

Dan cara untuk menghentikan kejang pada anak adalah cuci daun inggu hingga bersih terlebih dahulu, lalu dipotong-potong, kemudian rebuskan daun inggu dengan air, tunggu sampai airnya mendidih dan tersisa menjadi setengah, lalu angkat dan dinginkan, kemudian saring dan ambil airnya, kemudian bagi menjadi dua, setelah itu diminum dua kali dalam sehari, yaitu pagi dan sore minum setengah gelas.

Nah, itulah pengertian dari daun inggu serta kandungan yang terdapat dalam daun inggu dan manfaatnya untuk kesehatan. Dan ada juga cara menyembuhkan sakit gigi dan menghentikan kejang pada anak. Bagaimana mudah buka caranya? Kalau begitu selamat mencoba dirumah dan semoga bermanfaat bagi anda, terima kasih.

3 komentar

saya mau bertanya untuk daun inggu di mana saya bisa mendapatkan nya saya tinggal di daerah jakarta utara

Di Daerah jambi apakah ini ada....???

Sy tinggal.didaerah soloo....kayaknya blm.pernah.liat dexh...daun inggu ituu

Mohon gunakan kotak komentar ini dengan sebijak-bijaknya.