Berbahaya ! 10 Hal Ini Harus Anda Hapus dari Facebook Sekarang

Facebook atau biasa disebut FB merupakan salah satu media sosial yang banyak diminati oleh pengguna internet baik di Indonesia maupun di negara lain. Hal ini terbukti raksasa media sosial yang diciptakan Mark Zuckerberg tersebut sudah memiliki pengguna miliaran dari seluruh dunia.

Berbahaya ! 10 Hal Ini Harus Anda Hapus dari Facebook Sekarang

Fitur yang terdapat di Facebook mempermudah para penggunanya untuk menjalin komunikasi dengan orang lain baik dalam lingkup satu negara maupun antar negara. Selain itu cara mengakses media sosial FB juga mudah, bisa melalui telepon pintar ataupun melalui komputer yang terhubung dengan internet.

Dalam menggunakan sosial media seperti Facebook kita harus waspada karena banyak sekali tindakan kejahatan yang bermula dari dunia maya. Bahkan tidak jarang terdengar kejahatan tersebut sampai menghilangkan nyawa seseorang.

Untuk mengantisipasi supaya tidak menjadi korban kejahatan media sosial Facebook, ada 10 hal yang disarankan supaya dihapus dari Facebook sekarang juga karena berbahaya. Apa sajakah 10 informasi yang harus segera dihapus dari Facebook karena dianggap berbahaya ? simak selengkapnya daftar berikut :

Tanggal Lahir

Hal ataupun informasi pertama yang harus Anda hapus dari akun Facebook sekarang adalah tanggal lahir. Netizen biasanya sering mencantumkan tanggal lahir pada akun Facebook, padahal informasi penting tersebut sangat berbahaya kalau diumbar di dunia maya. Tanggal lahir merupakan salah satu data penting yang digunakan oleh penjahat cyber yang ingin tahu informasi finansial seperti rekening bank ataupun lainnya. Jika Anda tidak mau menjadi korban kejahatan melalui media sosial buruan hapus tanggal lahir sekarang juga dari akun Facebook.

Nomor HP

Nomor Handphone (HP) termasuk dalam kategori privasi, jika ditampilkan di Facebook maka Anda akan menjadi sasaran empuk para penguntit. Bisa saja orang yang tidak suka dengan Anda ataupun orang iseng akan meneror Anda melalui telepon.

Status Hubungan

Informasi selanjutnya yang harus Anda hapus dari Facebook adalah tentang status hubungan. Sebuah status hubungan tidak perlu Anda cantumkan di Facebook, karena hal itu akan sangat menganggu Anda. Semisal jika Anda menulis status bertunangan maka akan banyak orang yang menawarkan gaun pengantin ataupun even organizer yang menawarkan paket resepsi pernikahan.

Bertemanlah Dengan Orang Terdekat Saja

Seperti diketahui sosial media yang didirikan oleh Mark Zuckerberg tersebut memberikan kuota pertemanan sebanyak 5000. Namun seorang profesor psikolog dari Oxford, Robin Dunbar mengungkapkan setiap orang hanya akan berinteraksi secara aktif dengan 150 orang. Jadi hanya 4,1% saja yang saling membutuhkan, sedangkan 13.6% teman hanya simpati saat pengguna sedang dalam masalah.

Tentang Pekerjaan (Berteman dengan Atasan)

Berteman dengan atasan di sosial media Facebook ternyata menjadi hal yang tidak begitu baik. Kenapa demikian ? karena atasan bisa melihat semua aktifiitas yang Anda curahkan ke Facebook seperti status galau, keluar malam dan lainnya. Hal ini tentu akan sangat memalukan, jadi itulah sebabnya Anda disarankan untuk tidak berteman dengan atasan di sosial media Facebook.

Informasi Tentang Kartu Kredit

Karena sosial media Facebook banyak penggunanya kita tidak tahu apakah mereka orang baik atau tidak. Apapun alasan Anda jangan sampai Anda mengunggah informasi terkait kartu kredit ke Facebook.

Jangan Unggah Foto

Saat ini memang banyak orang yang gemar mengunggah foto ke Facebook, baik foto dirinya sendiri ataupun foto keluarga. Jika Anda berteman dengan banyak orang di Facebook dan sering mengunggah foto keluarga maka akan sangat membahayakan, bisa saja ada orang yang tidak suka dengan Anda melakukan tindakan konyol.

Stop Unggah Alamat Sekolah Anak

Biasanya banyak orang tua yang mengunggah foto maupun alamat sekolah anaknya ke akun Facebook. Hal ini sangat berbahaya karena bisa jadi anak Anda akan menjadi korban kejahatan orang tidak bertanggung jawab seperti penculikan. Kejadian penculikan ini sudah sering terjadi, oleh sebab itu mulai sekarang jangan posting alamat sekolah anak Anda.

Berhentilah Unggah Lokasi

Aktifitas di Facebook yang berbahaya selanjutnya adalah mengunggah lokasi. Jika ada orang tidak dikenal ingin berniat buruk kepada Anda maka mereka akan dengan muda menemukan Anda lalu berbuat kejahatan.

Jangan Unggah Tempat serta Waktu Liburan

Hal terakhir yang berbahaya jika kita posting di media sosial Facebook adalah tempat serta waktu liburan. Dengan mengunggah waktu serta tempat liburan banyak orang asing atau teman Facebook yang tidak Anda kenal tahu kalau rumah Anda sedang kosong, mereka dengan mudah bisa melakukan tindakan kejahatan. Disarankan Anda mengunggah foto maupun waktu liburan setelah sampai dirumah.

Tidak ada komentar

Mohon gunakan kotak komentar ini dengan sebijak-bijaknya.