Mengapa Tomat Baik untuk Jantung Anda?

Mengapa Tomat Baik untuk Jantung Anda?

Pada awalnya tomat tidak dilihat sebagai buah yang benar-benar bermanfaat tubuh selain hanya sebagai produk tambahan dalam makanan atau sup. Justru popularitas tomat memang kalah dibandingkan dengan jenis buah lain seperti apel atau anggur.

Tapi baru-baru ini tomat menjadi salah satu buah favorit karena sangat bermanfaat untuk kesehatan jantung. Makan buah tomat paling tidak satu buah sehari sudah membantu tubuh Anda mengatasi berbagai resiko penyakit jantung. Berikut ini adalah beberapa alasan penting, mengapa tomat sangat baik untuk jantung, dibandingkan dengan jenis buah lain.

Kandungan Nutrisi Buah Tomat

Tomat merupakan buah yang manis, asam, segar dan banyak mengandung jeli dengan warna yang sangat ceria dan menyenangkan. Dalam semua lapisan bagian tomat baik dari jeli yang mengandung biji, daging buah dan lapisan kulit dalam mengandung beberapa nutrisi seperti vitamin C, beta karoten, vitamin A, bahan anti oksidan dan berbagai jenis zat tambahan.

Bahkan tomat juga mengandung bahan likopen yang juga ditemukan pada buah dan sayur yang berwarna merah dan orange seperti wortel dan semangka. Tubuh kita membutuhkan likopen dalam jumlah yang tinggi untuk mencegah resiko penyakit jantung.

Tomat Mencegah LDL Teroksidasi

LDL teroksidasi merupakan salah satu jenis kolesterol yang sangat buruk untuk tubuh dan meningkatkan resiko penyakit jantung. LDL yang telah mengalami oksidasi bisa menyebabkan peningkatkan jumlah kolesterol dalam tubuh sehingga menyumbat arteri dari pembentukan plak.

Ketika tumpukan plak dalam arteri pecah atau bocor maka seseorang bisa mengalami serangan jantung. Makan buah tomat satu buah setiap hari juga sangat baik mencegah resiko penyakit jantung untuk penderita diabetes.

Tomat Mencegah Peradangan

Peradangan yang terjadi pada beberapa organ memang bisa memicu serangan penyakit jantung. Peradangan disebabkan karena berbagai hal misalnya reaksi tubuh yang berasal dari gaya hidup seperti konsumsi alkohol, kebiasaan merokok, berlebihan mengkonsumsi makanan berlemak dan kurang istirahat.

Selama ini peradangan menjadi penyebab penyakit jantung dan stroke tertiggi di dunia. Makan buah tomat bisa mengurangi resiko peradangan pada tubuh yang berarti bahwa resiko penyakit jantung menjadi lebih kecil.

Tomat Menurunkan Tekanan Darah

Penderita penyakit tekanan darah tinggi atau hipertensi memang memiliki resiko serangan jantung atau penyakit jantung yang lebih tinggi. Untuk itu mengkonsumsi buah tomat sangat disarankan pada penderita hipertensi karena bisa membantu menurunkan tekanan darah tanpa menimbulkan efek samping.

Zat likopen dalam buah tomat akan membantu tubuh menstabilkan tekanan darah jika dikonsumsi setiap hari paling tidak selama 8 hari berturut-turut sejak serangan hipertensi dimulai.

Dengan berbagai manfaat ini memang buah tomat sangat bagus untuk dikonsumsi. Bahkan makan buah tomat tidak hanya disarankan untuk orang dewasa dan orang tua yang memang sudah memiliki masalah kesehatan jantung, tapi juga untuk semua orang termasuk anak-anak dan remaja.

4 komentar

ternyata banyak manfaat dari sebuah tomat..

wahh baru tau ni sob itu emang buah kesukaan ane

Wahh.. Untung aja saya suka tomat. Bisa makin suka lagi nih...

tengs infonya gan

Mohon gunakan kotak komentar ini dengan sebijak-bijaknya.