Pengertian Dari Bawang Putih Serta Ciri-Cirinya

Pengertian Dari Bawang Putih Serta Ciri-Cirinya

Menurut Wikipedia, bawang putih (Allium sativum: bahasa Inggris: garlic) adalah nama tanaman genus Allium sekaligus nama dari umbi yang dihasilkan. Mempunyai sejarah penggunaan oleh manusia selama lebih dari 7.000 tahun, terutama tumbuh di Asia Tengah dan sudah lama menjadi bahan makanan didaerah sekitar Laut Tengah, serta bumbu umum di Asia Afrika dan Eropa.

Dikenal dalam catatan Mesir Kuno, digunakan baik sebagai campuran masakan maupun pengobatan. Umbi dan tanaman bawang putih merupakan bahan utama untuk bumbu dasar masakkan Indonesia.

Kandungan gizi yang terdapat pada bawang putih per 100 gram antara lain adalah energi, gula, karbohidrat, lemak, diet serat, protein, beta karoten, riboflavin, niacin, asam pantotenat, vitamin B6, vitamin C, folat, kalsium, magnesium, besi, fosfor, kalium, sodium, mangan, seng dan selenium.

Ciri-ciri bawang putih ini merupakan tumbuhan terna yang berdiri tegak, tingginya bisa mencapai 30-60 cm, memiliki akar yang serabut, pada ujung pangkalnya memiliki umbi atau siung, pada umbi atau siungnya dilapisi oleh lapisan/sisik pada bagian luarnya, serta ada juga beberapa yang memiliki bunga dan ada juga yang tidak memiliki bunga. Bunga-bunga tersebut berwarna pink atau merah jambu.

Manfaat bawang putih untuk kesehatan anda antara lain adalah mengentalkan darah, mengurangi tekanan darah, melindungi jantung, mengurangi kolestrol, melawan alergi, diabetes, mengobati masalah pernapasan, efektik dalam mengatasi kulit dan bisul, pencegahan kanker, meningkatkan metabolisme zat besi, meningkatkan gairah, mengurangi berat badan, serta meringankan tukak lambung.

Bawang putih juga dapat menurunkan demam caranya hancurkan bawang putih, lalu campurkan dengan minyak kelapa, kemudian oleskan ditelapak kaki anda sampai merata, diamkan selama semalaman, setelah itu keesokkan harinya demam pun mulai perlahan turun. Lakukanlah cara ini secara rutin, agar demam anda segera sembuh.

Selain manfaat kesehatan, bawang ptuih juga memiliki manfaat untuk kecantikkan anda antara lain adalah  menghaluskan kulit, mencegah penuaan dini, serta bawang putih juga dapat menghilangkan komedo. Selain itu, bawang putih ternyata juga dapat menghilangkan jerawat lho.

Selain digunakan sebagai bumbu masakkan, ternyata bawang putih dapat menghilangkan jerawat. Caranya mudah saja kok, pertama-tama tumbuklah  bawang putih hingga halus, kemudian oleskan pada wajah yang berjerawat, diamkan selama beberapa menit, setelah itu bilaskan dengan menggunakan air bersih dan cuci wajah anda sampai bersih. Jika anda ingin jerawat anda cepat hilang lakukanlah cara ini dengan rutin.

Nah, itulah pengertian dari bawang putih serta kandungan, ciri-ciri dan manfaatnya untuk kesehatan dan kecantikkan anda. Semoga bermanfaat bagi anda yang sudah membacanya, terima kasih.

Tidak ada komentar

Mohon gunakan kotak komentar ini dengan sebijak-bijaknya.