-->

Tiga Suara yang Menyehatkan

Sebagai makhluk multidimensi kita tidak hanya terdiri atas aspek fisik,manusia juga bisa mengalami sakit pada pikiran atau mental. Sakit pikiran atau mental yang dimaksudkan disini adalah kondisi pikiran yang tidak tenang,stress,tertekan, diiringi munculnya emosi-emosi negatif,seperti marah,kecewa,benci,dendam,perasaan bersalah,malu,takut,sedih dan terluka yang bila tidak ditangani dengan segera akan mengakibatkan gangguan pada fisik dengan Symtom yang sama seperti sakit karena faktor organis.

Dengan kata lain,emosi mempengaruhi tubuh fisik. Bila symtom ini tidak segera diatasi dan bertahan cukup lama maka akan mengakibatkan perubahan fisik yang dapat bersifat permanen.

Pada saat kita mengalami stress dengan emosi negatif maka intonasi suara kita juga mengalami gangguan atau melemah bahkan seorang penyanyi yang akan siap tampil bernyanyi di panggung bisa kehilangan suara karena saking stress.Untuk memulihkan keadaan fisik dan mental yang dilanda stress maka kita perlu mengembalikan kondisi suara kita yang mengalami gangguan dengan latihan suara :

Tiga Suara yang Menyehatkan

1. Suara A, melatih suara a bisa memulihkan keadaan lambung yang kurang nyaman karena stress.caranya adalah :
Posisi duduk dengan santai di kursi, tarik nafas yang dalam terus keluarkan nafas dengan perlahan sambil mengeluarkan suara "a" rendah sampai nafas nya abis, diulang beberapa kali sampai keadaan lambung terasa nyaman.

2. Suara U, melatih suara u bisa memulihkan keadaan dada dan sekitarnya yang kurang nyaman karena stress,sedih, caranya adalah :
Posisi duduk dengan santai di kursi, tarik nafas yang dalam melalui hidung terus keluarkan nafas melalui mulut dengan perlahan sambil mengeluarkan suara "u" rendah sampai nafas nya abis, diulang beberapa kali sampai keadaan disekitar dada terasa nyaman

3. Suara M, melatih suara m bisa memulihkan kondisi sekitar kepala yang mengalami keadaan tidak nyaman akibat stress,marah d.l.l. emosi negatif, caranya adalah :
Posisi duduk di kursi, tarik nafas yang dalam melalui hidung terus keluarkan nafas dengan perlahan juga melalui hidung sambil bergumam bibir dirapatkan mengeluarkan suara "m" rendah sampai sedang sampai nafas nya abis, diulang beberapa kali sampai keadaan disekitar kepala terasa nyaman

Itulah 3(tiga) suara yang memulihkan keadaan fisik dan mental setelah dilanda oleh stress, selamat mencoba.

1 komentar

Mohon gunakan kotak komentar ini dengan sebijak-bijaknya.