Apa Itu Rekber (Rekening Bersama)

Saat ini penjualan maupun pembelian secara online semakin banyak dan tentunya kita membutuhkan suatu keamanan untuk melindungi kita dari sebuah penipuan, karena sudah banyak orang yang tertipu dengan modus menjual suatu barang di internet terutama pada sosial media. Kebanyakan orang tertipu karena memilih penjual yang tidak dikenal dan menggunakan sistem transfer antar rekening, besar atau kecil nominal yang ditransfer ketika sudah tertipu ya tetap tertipu.

Apa Itu Rekber (Rekening Bersama)

Agar kita tidak mudah tertipu, sekarang ada yang namanya jasa rekber (rekening bersama) bagi yang sudah sering transaksi online pasti tidak asing dengan istilah ini. Rekber (rekening bersama) adalah suatu instansi yang bertugas sebagai perantara antara penjual dengan pembeli dalam terjadinya transaksi online. Kalau di luar negeri, rekber itu disebut dengan Escrow Service atau bisa juga Payment Gateways.

Dengan rekber anda tidak perlu takut dengan penjual yang seringnya nipu terus padahal barangnya tidak ada. Transaksi online dengan rekber lebih aman daripada transaksi langsung dari rekening pembeli ke rekening penjual. Kalau bisa digambarkan, kira-kira transaksi rekber adalah sebagai berikut.

Apa Itu Rekber (Rekening Bersama)

Jika sudah melihat gambar tersebut, mari kita simak penjelasannya berikut ini.
  1. Penjual dan pembeli sudah melakukan diskusi dan setuju menggunakan jasa rekening bersama.
  2. Pembeli akan mentransfer uang dengan nominal sebesar harga barang yang dihargai oleh penjual ke rekening jasa rekening bersama. Kemudian uang tidak langsung ditransfer ke penjual melainkan disimpan di rekber terlebih dahulu untuk menunggu konfirmasi dari si pembeli.
  3. Penjual akan mengirim barang ke alamat pembeli dengan jasa trucking seperti JNE, dan mengirim nomor resi pengiriman kepada jasa rekening bersama.
  4. Saat pembeli barang sudah menerima barang, dia akan mengkonfirmasi bahwa barang sudah sampai kepada jasa rekening bersama.
  5. Pihak rekening bersama akan mentransfer uang dari si pembeli ke rekening milik penjual.
Dari proses di atas kita bisa meminimalisir persentase penipuan bahkan tidak ada penipuan sama sekali dengan menggunakan rekening bersama. Pilih juga jasa rekber yang terpercaya dan sudah berpengalaman seperti Lazada dan Blibli.com.

Banyak orang yang bertanya bagaimana jika pembeli tidak mengkonfirmasi barang yang diterima ke pihak rekber, rekber memberikan batas waktu maksimal 3 hari kerja sejak barang sudah diterima menurut jasa trucking. Jika tidak ada konfirmasi dari pihak pembeli, maka pihak rekber akan melakukan pembayaran ke si penjual dengan syarat pihak trucking sudah mengkonfirmasi bahwa barang sudah diterima.

Saya tegaskan sekali lagi pilihlah jasa rekber yang terpercaya dan sudah berpengalaman, jika anda memilih pihak rekber yang abal-abal maka anda malah akan tertipu lebih cepat.

5 komentar

Oh begitu ya, baru tau saya :) tapi kalo saya sih seringnya cod, lebih aman :D

iya gan kalau rekber lebih baik ya, jadi transaksi lebih aman dan aman juga :D

makasih gan informasinya :D

thanks gan infonya (y) :D

Thanks gan infonya, biar gk kena tipu lagi nih kalau mau belanja online :D

Mohon gunakan kotak komentar ini dengan sebijak-bijaknya.