-->

Fungsi Bagian Biru Penghapus Akhirnya Terungkap

Penghapus, mungkin benda ini sudah tidak asing lagi di pikiran Anda. Ada banyak tipe penghapus mulai dari penghapus biasa, ujian, karet, dan penghapus dengan dua warna. Ngomong-ngomong tentang penghapus dua warna, karet oranye kan untuk menghapus pensil, tetapi tahukah Anda fungsi bagian biru di penghapus ini?

Fungsi Bagian Biru Penghapus Akhirnya Terungkap

Banyak orang yang meyakini bahwa fungsi bagian biru dari penghapus ini adalah untuk menghapus tinta pulpen. Entah siapa yang mengajarkan pertama kali tentang hal ini, tetapi banyak orang mempercayai hal ini bahkan sampai sekarang.

Sayangnya bukan tintanya saja yang terhapus, malahan kertasnya juga ikut mengelupas. Sebenarnya apa yang terjadi?

Jadi begini, tujuan dari penghapus dua warna tersebut adalah untuk memberikan dua tekstur yang berbeda dari penghapus tersebut. Bagian oranye ditujukan untuk menghapus di kertas yang memiliki tekstur lembut, menghapus coretan yang ringan, dan juga meningkatkan presisi pada saat menghapus. Sedangkan bagian biru ditujukan untuk menghapus di kertas yang memiliki permukaan kasar, sehingga tidak butuh banyak tenaga untuk menghapus coretan pensil di permukaan yang kasar tersebut, contohnya pada art paper.

Nah, kesimpulannya warna biru tersebut bukan untuk menghapus tinta pulpen, tetapi untuk menghapus di permukaan yang memiliki tekstur lebih kasar, itulah sebabnya mengapa kertasnya juga ikut mengelupas.

Tidak ada komentar

Mohon gunakan kotak komentar ini dengan sebijak-bijaknya.