-->

Apa Saja Ciri-Ciri Pandan Wangi Itu dan Apa Saja Manfaatnya?

Apa Saja Ciri-Ciri Pandan Wangi Itu dan Apa Saja Manfaatnya?

Pandan wangi atau nama latinnya (Pandanus amarylifolius Roxb) merupakan jenis tumbuhan monokotil dari familia Pandanaceae. Pandan wangi merupakan tanaman perdu didaerah yang tropis dan tanaman ini banyak ditemukan diarea pekarangan rumah.

Dalam bahasa Bali pandan wangi ini disebut sebagai arrum, dalam bahasa Sumatera disebut sebagai pandan musang, dalam bahasa Jawa disebut pandan rampe dan pandan seungit.

Pandan wangi memiliki kandungan antara lain saponin, alkaloida, flavonoida, tanin, palifenol dan zat warna.

Ciri-ciri pandan wangi ini antara lain memiliki batang yang bulat dengan bekas duduk daun dan bercabang, memiliki daun yang berwarna hijau dengan panjangnya mencapai 55-75 cm dan lebarnya yang mencapai 4-5 cm, bunganya majemuk dan berbentuk bongol, warna putih, tinggi tanaman ini mencapai 3,7 - 4,3 m dan lebarnya mencapai kurang lebih 2,3 m - 9,0 m.

Pandan wangi juga memiliki manfaat untuk kesehatan antara lain dapat mengobati pegal linu, mengatasi gelisah, dapat menambah nafsu makan, menurunkan tekanan darah tinggi, mengatasi lemah syahwat, serta dapat menghilangkan panu.

Daun pandan wangi juga dapat menyembuhkan lemah saraf dengan cara cuci daun pandan hingga bersih, lalu diiriskan kecil-kecil, kemudian rebus dengan air, tunggu sampai airnya tersisa menjadi dua gelas, lalu angkat dan tunggu airnya menjadi dingin, kemudian jika sudah dingin disaringkan, kemudian diminum. Lakukan cara ini secara teratur dengan minum dua kali sehari yaitu pagi dan sore.

Selain manfaat untuk kesehatan, pandan wangi juga mempunyai manfaat untuk kecantikkan antara lain  mengatasi rambut rontok, serta pandan wangi juga dapat menghitamkan rambut dan mencegah rambut rontok.

Daun pandan wangi ini juga dapat menghilangkan ketombe dengan cara sediakan 7 lembar daun pandan wangi yang masih segar, lalu sediakan juga air 100 ml, kemudian cuci daun pandan wangi hingga bersih, lalu ditumbukkan hingga menjadi halus, kemudian tambahkan dengan air pada tumpukkan daun pandan, kemudian adukkan hingga rata dan saringkan, lalu oleskan air daun pandan pada kulit kepala secara merata, setelah itu diamkan kurang lebih selama 30 menit, kemudian keramaskan dengan air biasa. Lakukanlah cara ini secara rutin agar ketombe yang ada dikulit kepala anda cepat hilang.

Nah, itulah pengertian dari pandan wangi serta kandungan yang dimiliki pandan wangi, ciri-cirinya dan manfaatnya untuk kesehatan dan kecantikkan anda. Selamat mencoba dirumah dan semoga bermanfaat bagi anda, terima kasih.

5 komentar

Ada yang dijadikan ekstrak juga - ekstrak pandan wangi, dan lebih oke dari yang buatan

nice

https://www.hartacod.com merupakan situs poker online , judi poker online, agen poker online terpercaya di Indonesia yang ada di Indonesia pada saat ini.

You write good Movie reviews, thanks for loving your job

Mohon gunakan kotak komentar ini dengan sebijak-bijaknya.