Emosi Marah dan Gangguan Kesehatan Serta Solusinya

Perasaan berang, marah atau kesal datang secara alami dan itu merupakan sesuatu hal yg wajar dialami oleh setiap manusia. Tetapi, apabila seseorang mudah marah dan cenderung tak bisa mengontrol emosinya perlu waspada dan mencari solusi atas permasalahan yang dihadapinya dengan konsultasi kepada ahli yang kompeten.

Kebiasaan marah dapat menimpa siapa saja, efeknya bisa berdampak negative pada kehidupan Anda. Kebiasaan marah bisa berefek buruk pada orang yang berada disekitar Anda, juga mempengaruhi kesehatan fisik dan mental.

Marah kadang-kadang diperlukan apabila kita dicurangi atau disakiti, dan itu menunjukan kita mempunyai sikap terhadap kecurangan.. Yang menjadi masalah adalah aksi yang dilakukan ketika emosi tersebut datang. Marahnya tidak apa-apa tapi perilaku ketika marahnya yang harus dijaga.

Marah tidak pada tempatnya akan merusak diri dan berdampak buruk kepada orang lain dan ini akan menjadi masalah besar pada diri kita sendiri. Maka dari itu ada pengelolaan rasa marah yang perlu kita pelajari supaya emosi ini tidak terus-terusan timbul di kehidupan Anda.

Kemampuan mengelola rasa marah ini membutuhkan waktu, namun dampaknya akan sangat positif. Anda akan mampu membangun hubungan yang lebih baik dengan orang lain di sekitar Anda, mencapai tujuan hidup, dan menikmati hidup lebih sehat.

Emosi Marah dan Gangguan Kesehatan Serta Solusinya

Beberapa penyakit yang bisa timbul akibat terbiasa marah-marah adalah:

Sakit kepala

Kepala terasa berat dan sakit apabila sering marah-marah. Emosi yg tinggi mengakibatkan tekanan darah dikepala meningkat dan bisa membuat pusing serta migran.

Gangguan lambung

Kadar asam lambung naik saat kita sedang marah, sehingga mengakibatkan terjadinya gangguan pencernaan seperti maag dan sembelit.

Penyakit Jantung

Marah yang diikuti oleh stress meningkatkan serangan penyakit jantung. Penelitian memberikan data bahwa  orang yang terbiasa marah biasanya kemungkinan besar terkena penyakit serangan jantung.

Tekanan darah tinggi

Orang yang mudah marah biasanya memicu tekanan darah tinggi oleh sebab itu tubuh perlu dijaga supaya tekanan darah selalu normal.

Cara mengatasi rasa marah yaitu :

1. Bernafas dengan mengeluarkan lidah dan berteriaklah sekeras kerasnya sambil mengeluarkan suara haaahaaa terus menerus sampai kepala terasa ringan.rasa marah akan hilang kalau kepala terasa sudah ringan rasa kesal dan dendam kepada orang yang kita benci pun hilang.

2.  Tarik nafas yang dalam selama 5-10 detik dan tahan selama 4 detik serta keluarkan pelan pelan selama 5-10 detik sampai terasa rileks. Pada saat rileks dan ringan anda tidak akan bisa marah.

Tidak ada komentar

Mohon gunakan kotak komentar ini dengan sebijak-bijaknya.