Apakah Pesawat Internet Aquila Milik Facebook Sudah Selesai. Berikut Penjelasannya

Dalam upaya untuk menghubungkan semua orang di dunia dan membawa mereka untuk menggunakan sosial media, Facebook baru saja menyelesaikan model pertama dari pesawat drone miliknya yang rencananya akan digunakan untuk menyiarkan sinyal internet dengan nama Aquila. Pesawat drone (tanpa awak) ini bertenaga surya dan telah dirancang untuk terbang selama berbulan-bulan dan memiliki lebar sayap yang sama dengan Boeing 737, tetapi beratnya kurang dari berat sebuah mobil.

Pesawat Internet Aquila Milik Facebook

Ide pertama dari proyek ini didapatkan pada bulan Maret, 2014, dengan tujuan untuk memberi akses internet ke 4 miliar orang yang belum mendapatkan akses ke internet. Facebook meyakini bahwa metode yang paling efektif untuk membawa sejumlah besar orang ini untuk online adalah dengan tidak mengandalkan cara tradisional seperti dengan kabel. Facebook kini telah memberitahu dua perkembangan dari ide yang digagasnya tersebut.

Pesawat Internet Aquila Milik Facebook

Perkembangan pertama adalah tentang penyelesaian versi penuh pesawat drone Aquila tersebut. Menurut Facebook, pesawat drone tersebut sudah berhasil diuji kembali pada bulan Maret, namun tentang kekurangannya Facebook malah menawarkan langsung untuk mengintip ke dalam Conectifity Lab dimana penelitian tentang pesawat drone dan produk lainnya sedang dikerjakan.

Pesawat Internet Aquila Milik Facebook

Sayap dari pesawat drone ini mempunyai lebar sayap mencapai 42 m dan kerangkanya dibuat dari serat karbon sehingga enteng dan kuat. Pesawat ini dirancang untuk terbang pada ketinggian 60.000-90.000 kaki selama 3 bulan (90 hari). Tujuannya adalah untuk membuat sinyal internet yang mendasar pada sebuah daratan kemudian akan membuat sebuah rantai koneksi yang terhubung antar drone dengan drone yang lain yang terbang dalam jarak tertentu.

Pesawat Internet Aquila Milik Facebook

Perkembangan lainnya adalah tentang Facebook telah membuat sistem untuk menyampaikan sinyal dari satu drone ke drone yang lain. Mereka telah berhasil menguji sistem tersebut dengan jarak 10 mil. Hasil pengujian menyatakan bahwa sistem ini mampu mentransfer data mencapai 10GB/detik.

Pesawat Internet Aquila Milik Facebook

Namun Facebook menyadari bahwa perjalanan teknologi masih sangat panjang, juga drone tersebut harus menjalani beberapa tes agar bisa beroperasional dengan baik. Simak video tentang pesawat internet milik Facebook "Aquila" di bawah ini.

2 komentar

wah mantep + bagus nih :D

keren gan pesawat internet aquila ini yak :)

Mohon gunakan kotak komentar ini dengan sebijak-bijaknya.